Linked List : Is it an Array?


Apa itu Linked List? Seperti namanya, Linked list adalah struktur data yang dimodelkan linier, hampir sama dengan Array, well, keduanya adalah struktur data linier. Mereka mungkin terdengar sama, tetapi ada perbedaan di antara mereka. Apa yang membedakan antara array dan Linked List? Sementara kita tahu bahwa array disimpan dalam bentuk pada memori yang berdekatan, ini berbeda dalam kasus daftar tertaut, di mana mereka tidak benar-benar menggunakan lokasi yang berdekatan, melainkan, mereka menautkan satu sama lain menggunakan pointer.

Uniknya, Linked list dapat melakukan penambahan dan penghapusan dari elemen apapun di lokasi manapun, asalkan mereka terhubung.



Linked list dapat dibagi menjadi 4 jenis :
1. Singular Linked List
2. Double Linked List
3. Circular Single Linked List
4. Circular Double Linked List

Singular Linked List
Adalah linked list yang paling umum, dimana suatu linked list memiliki ujung pertama node yang bernama head dan memiliki ujung lainnya yang bernama tail, dimana tail akan menunjukan NULL.

Double Linked List
Seperti Linked List, yang membedakan Singular Linked list dengan doubly linked list adalah, Singular linked list hanya memiliki 1 pointer, yang menunjukan node selanjutnya, dimana pada doubly linked list, setiap node memiliki dua pointer, dimana pointer tersebut dapat menunjukkan node selanjutnya, maupun menunjukkan node sebelumnya.

Circular Single Linked List


Hampir mirip dengan singular linked list, yang membedakan singular linked list dengan versi cirularnya adalah, pointer next pada node tail, akan menunjukan addressnya kepada node head, sehingga mereka terhubung dan dapat dikatakan membentuk linkaran.

Circular Doubly Linked List

Seperti Circular Singular Linked List, yang membedakan circular single linked list dengan circular doubly linked list adalah jumlah pointernya, dimana pada node head, terdapat 2 pointer dimana pointer nextnya menunjukkan node selanjutnya, sedangkan pointer previousnya menunjukkan node tail. Sama seperti node headnya, pointer next dari node tail akan menunjukkan node head.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Heap (Max And Min) & Tries

Hash and Trees